SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
|
IDENTITAS
|
|
Nama Sekolah
|
SD ISLAM AL IZHAR
|
Tema/Sub Tema
|
Diriku / 1 Aku dan teman baru
|
Kelas
|
I
|
Semester
|
Ganjil
|
Tahun Ajaran
|
2019- 2020
|
KI- 1 Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
KI- 2 Memiliki perilaku jujur, jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
K1-3 Memahami pengetahuan
factual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya makhluk hidup ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda- benda yang ada di dalamnya
KI -4 Menyajikan Pengetahuan Faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dalam
tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
PKN
Ø KD
1.2 Menunjukkan
sikap mematuhi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
3.2 Mengurutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
4.2
Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah
Ø AL Qur’an dan Hadits
Surah An Nur ayat 62
Sesungguhnya yang
sebenar-benar orang mukmin ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan
Rasul-Nya, dan apabila mereka berada bersama-sama Rasulullah dalam sesuatu
urusan yang memerlukan pertemuan, mereka tidak meninggalkan (Rasulullah)
sebelum meminta izin kepadanya. Sesungguhnya orang-orang yang meminta izin
kepadamu (Muhammad) mereka itulah orang-orang yang beriman kepada Allah dan
rasul-Nya, maka apabila mereka meminta izin kepadamu karena sesuatu keperluan,
berilah izin kepada siapa yang kamu kehendaki di antara mereka, dan mohonkanlah
ampunan untuk mereka kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha
Penyayang.
Ø Kegiatan
· Bertanya jawab mengenai pentingnya berpamitan
kepada orang tua sebelum berangkat ke sekolah.
· Bertanya jawab mengenai pentingnya memberi
salam
·
Menyanyikan lagu yang bertema perkenalan dengan teman
baru.
· Melakukan permainan untuk berkenalan dengan teman baru
(permainan lempar bola, permainan tebak suara teman dengan mata tertutup)
·
Menyanyikan lagu bertema teman baru untuk mengenal warna
suara.
· Mempraktikkan gerak berjalan satu arah
BAHASA INDONESIA
Ø KD
3.1 Memahami
kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak
antara mata dan buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan
cahaya terang) dengan cara yang benar
4.1
Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak
antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan
mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan cara yang
benar
Ø AL Qur’an dan Hadits
Surah AL Alaq Ayat 1
TULIS BACA ADALAH KUNCI ILMU
PENGETAHUAN
Bacalah
dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan
Ø Kegiatan
· persiapan mengenal huruf untuk membaca dan
menulis permulaan
· lambang bunyi vokal dan konsonan
· kosa kata tentang anggota tubuh dan panca
indera serta perawatannya
· kosakata dan ungkapan perkenalan diri,
keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya
MATEMATIKA
Ø KD
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99
sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
4.1 Menyajikan
bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan
objek yang disajikan
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat
penyusun lambang bilangan menggunakan benda.
Ø AL Qur’an dan Hadits
( Al Israa’ Ayat 12)
12. Dan Kami jadikan malam dan
siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda
siang itu terang, agar kamu mencari kurnia dari Tuhanmu, dan supaya kamu
mengetahui
bilangan tahun-tahun dan perhitungan. Dan segala sesuatu telah Kami
terangkan dengan jelas
Ø Kegiatan
·
bilangan
cacah sampai 99
·
lambang
bilangan
·
operasi hitung bilangan cacah (penjumlahan dan
pengurangan) sampai 99
·
Penyelesaian masalah sehari hari mengenai penjumlahan dan
pengurangan
SBDP
Ø KD
3.1 Mengenal karya ekspresi dua
dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya ekspresi dua
dan tiga dimensi
3.2 Mengenal elemen musik melalui
lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
3.3 Mengenal
gerak anggota tubuh melalui tari
4.3
Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari
Ø AL Qur’an dan Hadits
( Asy Syu’araan Ayat 219)
219.
dan (melihat pula) perobahan gerak badanmu di antara orang-orang yang sujud.
Ø Kegiatan
·
karya ekspresi dua dan tiga dimensi
·
elemen
musik
·
gerak
anggota tubuh melalui tari
·
karya
dari bahan alam
PJOK
Ø KD
33.1 Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan
gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisionalØ Kegiatan
·
gerak
dasar lokomotor
· sikap
tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan)
Makassar,
Juli 2019
Mengetahui,
Guru Kelas Kepala
Sekolah
Nur Mawaddah,
S.Pd Ramli, S,Pd.I








0 komentar:
Posting Komentar