Sabtu, 09 Mei 2020

Silabus Kelas 1 Semester 1



SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

IDENTITAS
Nama Sekolah
SD  ISLAM AL IZHAR
Tema/Sub Tema
Diriku / 1 Aku dan teman baru
Kelas
I
Semester
Ganjil
Tahun Ajaran
2019- 2020


Kompetensi Inti
KI- 1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya 
KI- 2 Memiliki perilaku jujur, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman  dan guru
K1-3 Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya makhluk hidup ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang ada di dalamnya
KI -4 Menyajikan Pengetahuan  Faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dalam tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

PKN
Ø  KD
1.2 Menunjukkan sikap mematuhi  aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengurutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

Ø  AL Qur’an dan Hadits
Surah An Nur ayat 62
Sesungguhnya yang sebenar-benar orang mukmin ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, dan apabila mereka berada bersama-sama Rasulullah dalam sesuatu urusan yang memerlukan pertemuan, mereka tidak meninggalkan (Rasulullah) sebelum meminta izin kepadanya. Sesungguhnya orang-orang yang meminta izin kepadamu (Muhammad) mereka itulah orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya, maka apabila mereka meminta izin kepadamu karena sesuatu keperluan, berilah izin kepada siapa yang kamu kehendaki di antara mereka, dan mohonkanlah ampunan untuk mereka kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Ø  Kegiatan
·       Bertanya jawab mengenai pentingnya berpamitan kepada orang tua sebelum berangkat ke sekolah.
·       Bertanya jawab mengenai pentingnya memberi salam
·       Menyanyikan lagu yang bertema perkenalan dengan teman baru.
·     Melakukan permainan untuk berkenalan dengan teman baru (permainan lempar bola, permainan tebak suara teman   dengan mata tertutup)
·       Menyanyikan lagu bertema teman baru untuk mengenal warna suara.
·       Mempraktikkan gerak berjalan satu arah

BAHASA INDONESIA
Ø  KD
3.1  Memahami  kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan cara yang benar
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan cara yang benar 

Ø  AL Qur’an dan Hadits
Surah AL Alaq Ayat 1
TULIS BACA ADALAH KUNCI ILMU PENGETAHUAN
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan

Ø  Kegiatan
·       persiapan mengenal huruf untuk membaca dan menulis permulaan
·       lambang bunyi vokal dan konsonan
·       kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya
·       kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya

MATEMATIKA
Ø  KD
3.1   Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
4.1  Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
3.2   Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan benda.

Ø  AL Qur’an dan Hadits
( Al Israa’ Ayat 12)
12. Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari kurnia dari Tuhanmu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas

Ø  Kegiatan
·         bilangan cacah sampai 99
·         lambang bilangan
·         operasi hitung bilangan cacah (penjumlahan dan pengurangan) sampai 99
·         Penyelesaian  masalah sehari hari mengenai penjumlahan dan pengurangan

SBDP
Ø  KD
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
3.3 Mengenal  gerak anggota tubuh melalui tari
4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari


Ø  AL Qur’an dan Hadits
( Asy Syu’araan Ayat 219)
  219. dan (melihat pula) perobahan gerak badanmu di antara orang-orang yang sujud.

Ø  Kegiatan
·         karya ekspresi dua dan tiga dimensi
·         elemen musik
·         gerak anggota tubuh melalui tari
·         karya dari bahan alam

PJOK
Ø  KD
33.1 Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1  Mempraktikkan  gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

Ø  Kegiatan
·         gerak dasar lokomotor
·         sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan)

                                                                                                                                                                     
Makassar,   Juli 2019

                                                                                                                                Mengetahui,
                        Guru Kelas                                                      Kepala Sekolah


                 Nur Mawaddah, S.Pd                                           Ramli, S,Pd.I

0 komentar:

Posting Komentar