RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
|
IDENTITAS
|
|
Nama Sekolah
|
SD ISLAM AL IZHAR
|
Mata Pelajaran
|
PKn, Bahasa Indonesia, Matematika,SBdP,PJOK
|
Tema/Sub Tema
|
Diriku / 1 Aku dan teman baru
|
Kelas
|
I
|
Semester
|
Ganjil
|
Alokasi Waktu
|
1 Pekan
|
Hari/Tanggal
|
Senin / 22 Juli
2019
|
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Ø PKn
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Ø PKn
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan
kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Indikator
3.2.4
Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di
rumah
3.2.5
Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di
rumah
4.2.4
Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar rumah
4.2.5
Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat masuk rumah
4.2.6
Mempraktikkan kegiatan berdoa sebelum melakukan kegiatan di rumah
Ø Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal kosa
kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat
tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa
daerah.
3.3 Mengenal
lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
3.4 Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan
diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis
yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.3 Melafalkan
bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.9 Menggunakan
kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan
orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk
Indikator
3.2.1 Menunjukkan kosa kata dan ungkapan
perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
3.3.1 Menunjukkan huruf vokal dalam
suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru
3.3.2 Menunjukkan huruf konsonan
dalam suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru
3.3.3
Menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna yang terkait
dengan aku dan teman baru
3.4.2
Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di
tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata
bahasa daerah.
4.3.1
Melafalkan
huruf vokal suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru
4.3.2 Melafalkan
huruf konsonan suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru
4.3.3 Menggunakan
huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dalam kalimat yang terkait
dengan dengan aku dan
4.9.1
Menggunakan
kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
4.9.2 Menggunakan
kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang- orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan
Ø Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu
kumpulan objek
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
menggunakan kumpulan benda konkret
serta cara membacanya
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99
yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai
dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek
dengan ide nilai tempat
Indikator
3.1.1 Membilang secara urut bilangan 1
sampai dengan 10 dengan bantuan benda konkret
3.2.1 Mengidentifikasi lambang bilangan
1 sampai dengan 10
4.1.1 Mengelompokkan benda sesuai
dengan bilangan yang diberikan (1 sampai dengan 10)
4.2.1 Menulis lambang bilangan 1 sampai
dengan 10 secara lengkap
Ø SBDP
3.2 Memahami elemen musik melalui
lagu
4.2 Menirukan elemen musik dari
lagu
Indikator
3.2.1
Mengidentifikasi perbedaan warna suara manusia
4.2.1 Memeragakan warna suara manusia
Ø PJOK
3.1 Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
4.1 Mempraktikkan prosedur gerak dasar
lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
Indikator
3.1.1
Menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional.
4.1.1 Mempraktikkan
prosedur gerakan berjalan satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
TUJUAN PEMBELAJARAN DAN MATERI POKOK
PENDEKATAN & METODE
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø Kegiatan Pendahuluan
TUJUAN PEMBELAJARAN DAN MATERI POKOK
Pembelajaran 1
PKn (materi
pokok :Kegiatan di Rumah)
1. Siswa
dapat menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan
di rumah
2. Siswa
Mampu Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar rumah
Bahasa indonesia (materi pokok :Perkenaln diri)
1.
Siswa Mampu menunjukkan kosa kata dan ungkapan
perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
Siswa Mampu menggunakan kosa kata dan ungkapan
perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepatPENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø Kegiatan Pendahuluan
§ Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar
mereka.
§ Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa(islami)
§ Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum melaksanakan
pembelajaran inti.
§ Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
§ Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa
tujuan yang akan dicapai.
Ø Kegiatan
Inti
§ Guru
mengajak siswa untuk saling berkenalan.
§ Guru
menunjukkan cara berkenalan. (Guru mencontohkan seperti yang dilakukan Edo dan
Beni di Buku Siswa)
§ Kemudian,
siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan
guru menjelaskan aturan bermainnya (Siswa diminta membentuk posisi melingkar,
boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap
bola dengan tepat).
§ Permainan
dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya
Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah
satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)
§ Siswa
yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
Kemudian, dia melempar bola kepada teman yang lain. Teman yang menangkap
lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
§ Demikian
seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri. Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru
mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak salah
satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Siswa tersebut kemudian
menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak teman di sebelah
kanannya, lalu teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu.
Begitu seterusnya.
§ Selain
mengingat nama teman, saat bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat suara
teman masing-masing.
§ Kegiatan
dilanjutkan dengan meminta siswa mengamati buku siswa halaman. Guru lalu
bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan Edo
dan teman-teman.
§ Kegiatan
berkenalan dengan berbagai cara memudahkan siswa untuk mengingat nama
teman-teman di kelas.
Ø Kegiatan Penutup
§ Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan (rangkuman hasil belajar selama sehari)
§ Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§ Melakukan penilaian hasil
belajar
§ Mengajak semua siswa
berdoa menurut agama keyakinan masing-masing( untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
§ Mengamati sikap siswa
dalam berdoa (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkan dll)
Makassar, Juli 2019
Mengetahui,
Guru Kelas Kepala
Sekolah
Nur Mawaddah, S.Pd Ramli, S,Pd.I








0 komentar:
Posting Komentar