Jumat, 08 Mei 2020

RPP Mapel TEMATIK kelas 1 Semester 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

IDENTITAS
Nama Sekolah
SD  ISLAM AL IZHAR
Mata Pelajaran
PKn, Bahasa Indonesia, Matematika,SBdP,PJOK
Tema/Sub Tema
Diriku / 1 Aku dan teman baru
Kelas
I
Semester
Ganjil
Alokasi Waktu
1 Pekan
Hari/Tanggal
Senin  / 22 Juli 2019

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Ø  PKn
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Indikator
3.2.4 Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
3.2.5 Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2.4 Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar rumah
4.2.5 Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat masuk rumah
4.2.6 Mempraktikkan kegiatan berdoa sebelum melakukan kegiatan di rumah

Ø  Bahasa Indonesia
3.2  Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.3    Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
3.4   Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.3   Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.9  Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk
Indikator
3.2.1 Menunjukkan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
3.3.1 Menunjukkan huruf vokal dalam suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru
3.3.2 Menunjukkan huruf konsonan dalam suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru
3.3.3 Menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna yang terkait dengan aku dan teman baru
3.4.2 Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.3.1  Melafalkan huruf vokal suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru
4.3.2  Melafalkan huruf konsonan suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru
4.3.3 Menggunakan huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dalam kalimat yang terkait dengan dengan aku dan
4.9.1  Menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
4.9.2  Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang- orang di tempat  tinggalnya  secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan
      
Ø  Matematika
3.1  Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
3.2  Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
4.1  Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
4.2  Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu  kumpulan objek dengan ide nilai tempat
Indikator
3.1.1 Membilang secara urut bilangan 1 sampai dengan 10 dengan bantuan benda konkret
3.2.1 Mengidentifikasi lambang bilangan 1 sampai dengan 10
4.1.1 Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan (1 sampai dengan 10)
4.2.1 Menulis lambang bilangan 1 sampai dengan 10 secara lengkap

Ø  SBDP
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik dari lagu
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi perbedaan warna suara manusia
4.2.1 Memeragakan warna suara manusia

Ø  PJOK
3.1   Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1  Mempraktikkan prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan  keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
Indikator
3.1.1 Menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

TUJUAN PEMBELAJARAN DAN MATERI POKOK
Pembelajaran 1
PKn (materi pokok :Kegiatan di Rumah)
1.       Siswa dapat menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
2.       Siswa Mampu Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar rumah

Bahasa indonesia (materi pokok :Perkenaln diri)
1.        Siswa Mampu menunjukkan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
Siswa Mampu menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat

PENDEKATAN & METODE
Pendekatan              :  Scientific
Strategi                   : Cooperative Learning

 KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø  Kegiatan Pendahuluan
§  Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
§  Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa(islami)
§  Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
§  Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
§  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru  kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai.

                Ø  Kegiatan Inti
§  Guru mengajak siswa untuk saling berkenalan.
§  Guru menunjukkan cara berkenalan. (Guru mencontohkan seperti yang dilakukan Edo dan Beni di Buku Siswa)
§  Kemudian, siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya (Siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
§  Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)
§  Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Kemudian, dia melempar bola kepada teman yang lain. Teman yang menangkap lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
§  Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.  Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak teman di sebelah kanannya, lalu teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu. Begitu seterusnya.
§  Selain mengingat nama teman, saat bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat suara teman masing-masing.
§  Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa mengamati buku siswa halaman. Guru lalu bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan Edo dan teman-teman.
§  Kegiatan berkenalan dengan berbagai cara memudahkan siswa untuk mengingat nama teman-teman di kelas.

               Ø  Kegiatan Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan (rangkuman hasil belajar selama sehari)
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdoa menurut agama keyakinan masing-masing( untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
§  Mengamati sikap siswa dalam berdoa (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkan dll)

Makassar,   Juli 2019

                                                                                                                                Mengetahui,
                        Guru Kelas                                                      Kepala Sekolah



                 Nur Mawaddah, S.Pd                                           Ramli, S,Pd.I

0 komentar:

Posting Komentar